Di Al Hijrah Islamic Global School, kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, inovatif, dan berlandaskan nilai-nilai karakter. Kami senantiasa mendorong seluruh siswa agar mampu berkembang tidak hanya dalam aspek akademik, tetapi juga dalam karakter, keterampilan sosial, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Kami berharap bahwa dengan adanya media ini, orang tua dan masyarakat dapat lebih memahami visi dan misi sekolah dalam membentuk generasi muda yang berilmu, berakhlak, dan siap menghadapi tantangan masa depan

Sosialisasi 4 Pilar AIGS: Fondasi Kuat Menuju Generasi Unggul dan Berwawasan Global


Deli Serdang, 8 Juli 2025
– Al Hijrah Islamic Global School (AIGS) terus menunjukkan keseriusannya dalam membangun generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga unggul dalam karakter, spiritualitas, dan wawasan global. Hal ini diwujudkan melalui kegiatan Sosialisasi 4 Pilar AIGS yang diselenggarakan di unit SD IT dan SMP IT AIGS, dengan menghadirkan dua narasumber, yakni Dr. Uun Ahmad Saehu dan Ibu Halimatussakdiah, S.Pd. Divisi Mutu AIGS

Kegiatan ini menjadi salah satu agenda penting dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2025/2026. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan sekaligus memperkuat pemahaman seluruh guru dan tenaga kependidikan terhadap 4 Pilar utama AIGS, yaitu: Self Management, Leader & Entrepreneur, Social Awerness dan Intelectual Literacy.

Dalam sesi pemaparan, Dr. Uun Ahmad Saehu menyampaikan pentingnya membumikan nilai-nilai 4 Pilar tersebut dalam aktivitas keseharian di sekolah. “Empat pilar ini bukan sekadar slogan. Ia harus menjadi napas dari setiap proses pendidikan yang kita jalankan, dari kelas hingga lingkungan sekolah. Anak-anak harus merasakannya, melihat contohnya, dan hidup di dalamnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ibu Halimatussakdiah, S.Pd. menggarisbawahi peran sentral guru dalam proses penanaman nilai-nilai ini. Menurutnya, guru tidak cukup hanya memahami 4 Pilar secara teoritis, namun harus mampu menerjemahkannya dalam metode pembelajaran, sikap, dan pendekatan kepada siswa. “Keteladanan adalah metode paling efektif dalam pendidikan karakter. Guru harus menjadi figur nyata dari nilai-nilai yang ingin kita tanamkan kepada siswa,” tuturnya.

Kegiatan sosialisasi berlangsung dengan antusias. Para peserta yang terdiri dari guru dan staf pendidikan terlihat aktif berdiskusi, bertanya, serta berbagi pengalaman terkait tantangan dan strategi dalam menerapkan nilai-nilai 4 Pilar di kelas maupun dalam kehidupan sekolah sehari-hari.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh elemen di lingkungan AIGS dapat memiliki persepsi yang sama dan semangat yang selaras dalam mewujudkan visi besar sekolah: menjadi lembaga pendidikan Islami, unggul, dan berwawasan global.

Sosialisasi 4 Pilar ini menjadi awal yang baik untuk memulai tahun ajaran baru dengan semangat kolaborasi, komitmen, dan kesadaran bersama akan pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk generasi masa depan yang tidak hanya hebat secara ilmu, namun juga kuat secara akhlak dan kepemimpinan.


0 Komentar